Wednesday, April 13, 2016

Tips Atur Gaji Rp 4 Juta Biar Bisa Beli Mobil & Rumah Dalam 5 Tahun

Ketika Anda baru mulai bekerja dan memiliki penghasilan sendiri, Anda harus bisa mengaturnya dengan baik. Memiliki gaji bulanan 4 juta sekilas memang terasa cukup bahkan terkadang berlebih jika hanya untuk menghidupi diri Anda sendiri. Namun, untuk memiliki kehidupan yang lebih mandiri, Anda harus mengatur gaji Rp 4 juta tersebut untuk mulai merencanakan masa depan. Anda pun harus siap hidup sederhana.
Tips Atur Gaji Rp 4 Juta Biar Bisa Beli Mobil & Rumah Dalam 5 Tahun
Calculator - Finansial - Tips Atur Gaji
Setiap orang pasti mendambakan memiliki rumah sendiri apalagi dilengkapi dengan kendaraan pribadi seperti mobil. Seorang pegawai yang berpenghasilan pas-pasan tanpa manajemen keuangan yang baik akan kesulitan untuk mengalokasikan gajinya untuk membeli mobil dan rumah pribadi. Apalagi semakin hari harga mobil dan rumah semakin meningkat. Namun, Anda tidak perlu kecewa jika memiliki manajemen keuangan yang baik dengan mengatur gaji Rp 4 juta melalui beberapa tips berikut ini.


Terapkan Cara-Cara Jitu Berikut Agar Segera Memiliki Mobil dan Rumah Pribadi!


1. Menyisihkan biaya bulanan dengan tepat

Untuk segera merealisasikan misi Anda membeli mobil dan rumah pribadi dalam 5 tahun dengan gaji 4 juta, Anda harus konsisten dalam menyisihkan gaji bulanan tersebut. Salah satunya adalah dengan pengalokasian dana bulanan untuk memenuhi kebutuhan. Alokasikanlah sekitar 50 sampai 60 persen gaji Anda untuk biaya hidup setiap bulannya. Biaya ini mencakup uang makan hingga kebutuhan-kebutuhan pribadi seperti biaya transportasi, biaya untuk liburan, untuk membeli pulsa, membeli buku dan majalah, sampai biaya sewa kos jika Anda tidak tinggal bersama orang tua. Anda akan lebih berhemat jika menghabiskan biaya makan sehari-hari dengan memasaknya sendiri tanpa harus selalu membeli makanan jadi yang harganya lebih mahal. Jika Anda berjarak tidak terlalu jauh dari tempat kerja, maka anda bisa menghemat biaya bensin maupun transportasi umum lainnya.

Walaupun harus berhemat, bukan berarti Anda pelit. Dengan manajemen keuangan yang baik dalam mengatur gaji Rp 4 juta, Anda masih bisa menjaga hubungan baik dengan sesama lewat pemberian-pemberian kecil maupun saat orang-orang di sekitar membutuhkan pertolongan.

2. Menyisihkan gaji untuk dana darurat

Selain dana bulanan, Anda juga harus menyiapkan dana darurat yang besarnya sekitar 10 persen dari gaji yang didapat. Hal ini ditujukan agar apabila ada hal tak terduga seperti saat Anda sakit dan perlu biaya, tidak sampai mengganggu dana yang lain. Gaya hidup sehat juga bisa menjadi solusi agar Anda tidak sakit-sakitan sehingga dana darurat tetap aman.

3. Memprioritaskan menabung

Ini merupakan hal yang paling penting dalam mengatur gaji Rp 4 juta anda. Agar misi membeli mobil dan rumah pribadi segera tercapai, Anda harus menabung sekitar 20 persen dari gaji bulanan. Lebih baik menabung di awal setelah menerima gaji. Karena jika menunggu menabung sampai akhir, dikhawatirkan dana yang seharusnya ditabung akan terpakai untuk dana yang lain. Dengan tabungan sekitar 20 persen dari gaji 4 juta, dalam jangka waktu 5 tahun bahkan kurang, Anda sudah bisa membayar uang muka untuk rumah dan mobil pribadi yang setelahnya bisa Anda cicil tiap bulan.

4. Menentukan harga dan memilih mobil dan rumah

Dalam mengatur gaji Rp 4 juta untuk segera membeli mobil dan rumah pribadi, Anda juga harus menentukan harga mobil dan rumah yang akan dibeli. Hal ini akan memudahkan perhitungan tabungan Anda hingga mencapai target untuk membeli mobil dan rumah. Jika ingin segera memiliki mobil dan rumah pribadi, maka Anda harus realistis dengan memilih mobil serta hunian yang sederhana namun tetap prospektif.

5. Melakukan investasi

Sangat bijak jika menyisihkan gaji untuk berinvestasi sekitar 10 persen dari gaji. Hal ini mendukung anda untuk segera memiliki rumah dan mobil sendiri. Anda bisa berinvestasi logam mulia, seperti emas.  Setiap tahunnya nilai emas naik sampai 25 persen. Hasil dari investasi ini bisa digunakan untuk membantu pembayaran uang muka maupun cicilan mobil dan rumah Anda nantinya.

Selain berinvestasi, Anda juga harus bebas dari hutang. Ketika anda bisa mengatur gaji Rp 4 juta tersebut dengan bijak, pasti tidak akan sampai terlilit hutang. Namun, apabila Anda memiliki hutang, maka segeralah melunasinya agar tidak ada pengeluaran lagi untuk membayar hutang.

No comments: